in

SUBDIT II FISMONDEV DIT RESKRIMSUS POLDA METRO JAYA, BERHASIL MENGUNGKAP PELAKU TINDAK PIDANA PENIPUAN DAN PENGGELAPAN DAN PENCUCIAN UANG

SUBDIT II FISMONDEV DIT RESKRIMSUS POLDA METRO JAYA, berhasil mengungkappelaku tindak pidana penipuan dan penggelapan dan pencucian uang yang kemudianberhasil mengamankan 2 (dua) tersangka yang merupakan pasangan Suami Istridengan inisial LW dan GRH.

Modus Operandi yang dilakukan tersangka adalah melakukan bujuk rayu untuk menawarkan dan menjual Valas dengan mata uang asing ke para Korban, yang kemudianuang setelah diterima lalu mata uang asing tersebut tidak diberikan oleh tersangka kepada para korban, tapi digunakan oleh tersangka untuk kebutuhan pribadi dengan alasan untuk membayar hutang Nasabah sebelumnya (Gali lubangtutup lubang).

Barang bukti yang diamankan, berupa:

1.      Beberapa lembar aplikasisetoran/transfer/kliring/inkasoke ke beberapa rekening Bank;

2.      Beberapa Lembar bukti setoran ke beberapa rekening Bank;

3.      Beberapa Lembar Konfirmasi Transaksi ke beberapa rekening Bank;

4.      Beberapa Lembar tanda bukti penyetoran kebeberapa rekening Bank;

5.      Satu lembar fotocopy tanda bukti penyetoran kebeberapa rekening Bank;

6.      (1) bundel print out percakapan melalui WAantara Tersangka LW dengan para korban;

7.      (6) lembar  print out percakapan melalui WA antara MoneyChanger dengan Tersangka LW.

Pelaku dijerat dengan pasal berlapis yaitu Pasal 378 KUHP dan pasal 372 KUHP dan pasal 374 KUHP dan pasal 49 ayat (1) huruf a dan ayat (2) huruf b UU RI No. 7 tahun 1992 tentang Tindak Pidana Perbankan sebagaimana telah diubah dengan UU RI No. 10 tahun 1998 dan pasal 3 UU RI no. 8 tahun 2010 tentang TPPU

Total kerugian para korban yang saat ini didata oleh penyidik kurang lebih sekitar 11.800.000.000,- (sebelasmiliyar depan ratus jutah rupiah) yang kemudian dapat dipastikan  masih banyak korban lainnya yang belum meporkan kepada pihak Kepolisian.

Himbauan Kepada Masyarakat :

Telah dilakukan penahan kepada tersangka yang merupakan pasangan Suami Istri dengan inisial LW dan GRH., diharapkan apabila masih ada korban yang belum melaporkan agar segera melaporkan kepadaSubdit II Fismondev Dit Resksimsus Polda Metro Jaya untuk dapat dilakukan proses hukum. Kemudian dengan adanya peristiwa ini diharapkan kepada masyarakat dalam melakukan penawaran dan penjualan terhadap Valas agar tidak langsung percayadengan adanya penawaran yang murah namun agar dapat melakukan pengecekan dan penelusuran tehadap apa yang ditawarkan dapat diketahui kebenarannya.

Error thrown

Call to undefined function wyr_render_reactions_class()